Thursday, March 7, 2013

Dampak Positif dan Negatif Facebook


FACEBOOK ! 

Salah satu jejaring sosial yang sedang marak saat ini adalah Facebook. Facebook adalah situs sosial networking yang menghubungkan orang satu dengan yang lain. Dapat saling berkirim pesan hingga mengetahui aktifitas orang lain, dengan segala fitur yang dimilikinya (Seto, 2009).
Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Standford, NYU, Nortwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Menurut Pamungkas (2009), dampak positif dari penggunaan Facebook antara lain:
1) Melalui Facebook kita dapat kembali bertemu dengan teman-teman lama walaupun di dunia maya. Dengan facebook komunikasi antar teman menjadi lancar walaupun berjauhan.
2) Featurenya cukup beragam membuat nyaman menggunakannya.
3) Dengan Facebook kita bisa bertukar pikiran dengan sangat mudah. Pertukaran informasi difasilitasi dengan sangat bagus.
4) Facebook dapat juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan suatu ide seperti Say No to Drug atau ide-ide lainnya.
5) Dengan pages, suatu perusahaan juga dapat mengiklankan produknya. Mengenai aturan lebih detail bisa ditanyakan ke Facebook Team.

Namun, memiliki dampak negatif, yaitu:
1) Mengurangi kinerja
2) Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
3) Tergantikanya kehidupan sosial

4) Batasan ranah pribadi dan sosial yang menjadi kabur
5) Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
6) Pornografi
7) Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
8 ) Kesalahpahaman
9) Mempengaruhi kesehatan (masih perdebatan)


No comments:

Post a Comment

Post a Comment